Popular Posts

18 February 2011

Sirkuit Drift Bali

Siapa tidak kenal Bali?

Tapi tahukah anda?
Sirkuit drifting baru segera hadir di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali. Speed City Bali, itulah nama yang akan dipakai sirkuit ini. Even-even drift sebelumnya sering diadakan di Parkir Timur Kemayoran, Jakarta Pusat. Berbeda dengan trek Kemayoran, sirkuit baru ini memiliki kontur naik-turun. Ditambah, pada titik teratas, bentuk tikungannya tergolong patah. Butuh waktu untuk bisa menaklukkan tikungan tersebut. Terlihat drifter masih banyak yang melintir di titik tersebut ketika melakukan ujicoba (12-13 Februari) silam.

Hal yang juga membedakan trek bali dan kemayoran ada pada layoutnya. Jika trek kemayoran dibuat dari susunan beton, karena terletak di lapangan parkir, sedang trek Bali benar-benar berbentuk sirkuit. Wah, berarti tidak banyak variasi trek dong?. Tidak juga, karena dari bentuk trek ini bisa dibuat sebanyak 4 variasi lintasan. Arah start saja bisa dibuat sebanyak 2 variasi.

Menurut salah satu drifter yang menjajal trek, Anto Widianto, drifter yang tergabung dalam GT Radial Drift Team, arah start menentukan juga speed yang didapat saat drift. "Walaupun berbeda, tapi trek ini kencang. Jarang kita bisa drift pakai gigi 3, disini bisa", ucapnya.

Trek dengan panjang mencapai 800 meter dan lebar 12 meter ini belum jadi sepenuhnya. Di beberapa titik, aspalnya mengelupas. "Memang belum selesai. Aspal ini juga belum terlalu padat, jadi wajar saja kalau masih mengelupas", ucap Anton Rianto, pemilik proyek ini.

Sirkuit ini rencananya akan disiapkan untuk gelaran Formula Drift (FD) Asia, April 2011. Sayangnya pihak penyelenggara, Driftbash Enterprise, masih belum bisa memastikan kepastian penyelenggaraan karena menunggu kabar dari ESPN sebagai pemegang hak siar televisi FD.

Melihat kawasan yang tergolong luas, sebenarnya sangat mungkin untuk dibuat balap lain selain drifting. Seperti road race, drag bike, bahkan sampai supermoto sekalipun.



Maju terus Otosport Indonesia!


(sumber: OTOMOTIF Edisi 42/ 17-23 Februari 2011)

1 comment: