Popular Posts

12 February 2011

apa itu DRIFT?

DRIFT merupakan singkatan dari Drive Rightly In False Turn.
Dalam teknik drift ini, setir mobil di putar ke kiri untuk belokan kanan.
Bagaimana bisa?
Tentu saja bisa. Ilustrasi berikut mungkin akan membantu anda memahaminya.



dalam ilustrasi disamping, mobil menghadapi tikungan tajam ke kanan dengan drift.

Point 1, setir dibanting keras ke kanan.

Point 2, ban belakang mobil mulai kehilangan traksi dan sekarang setir di balas ke kiri. Tentunya pertanyaan terjawab, setir diputar ke kiri untuk belokan kanan. Teknik ini disebut Countersteer.

Point 3, pada titik tengah tikungan seperti ini, anda harus mengontrol ban depan agar tetap pada line yang tepat (garis merah).
Semakin dalam anda menginjak pedal gas, maka sudut yang dibentuk akan lebih besar.

Point 4, untuk mengembalikan bagian belakang mobil sejajar dengan ban depan, injak rem atau cukup angkat kaki anda dari pedal gas. Now the Straight line, hit the gas!

*ilustrasi tidak semudah penerapan aslinya :)


Ada tiga teknik utama yang digunakan oleh drifter untuk memulai sebuah drift, yaitu Clutching (penggunaan kopling), Weight-Shifting (penggunaan berat kendaraan) dan Braking (penggunaan rem). Namun tidak semua mobil dapat melakukan teknik ini. Mobil FF (Front-engine, Front-wheel-drive) misalnya, mobil ini hanya bisa menggunakan teknik Braking (handbrake) yang akan mengurangi laju mobil jika dilakukan terus menerus, sehingga akan kesulitan jika menghadapi tikungan beruntun.

Mobil FR (Front-engine, Rear-wheel-drive) dan MR (Mid-engine, Rear-wheel-drive) mempunyai segudang teknik yang bisa diterapkan untuk drifting, diantaranya adalah :



HandBrake / E-Brake Drift
Pengemudi menarik rem tangan (bersamaan dengan menginjak kopling) saat memasuki tikungan sehingga menyebabkan ban belakang terkunci dan kehilangan traksi.Ketika traksi antara ban dan permukaan jalan sudah hilang, kopling di lepas, pedal gas ditekan dan lakukan countersteer.



Power Over
Syaratnya butuh mobil dengan mesin bertenaga besar. Seketika injak pedal gas dalam-dalam, maka ban belakang mobil akan kaget dan mulai kehilangan traksi. Selanjutnya anda tahu kan? lakukan sesuatu pada setir. :)



Shift Lock
Teknik ini dilakukan dengan cara menurunkan posisi gigi menjadi lebih rendah ketika putaran mesin cukup tinggi. Hal ini membuat ban mengunci sesaat sehingga traksi hilang.


Clutch Kick
Sesuai namanya, teknik ini dilakukan dengan cara menendang kopling sehingga menimbulkan kejutan tenaga yang sangat besar pada roda. Ban belakang akan kehilangan traksinya. Catatan, lakukan teknik ini pada saat pedal gas masih anda injak, jika tidak maka teknik ini tidak akan berhasil.


Braking Drift
Inti dari braking drift sebenarnya memindahkan beban mobil ke bagian depan.
Pacu mobil dengan kencang, kemudian ketika masuk tikungan, injak pedal rem sehingga bobot pindah ke depan. Tahan kondisi kosong (tidak menginjak gas atau rem) sampai badan belakang mobil meluncur karena pengaruh beratnya, dan kemudian pedal gas langsung diinjak sehingga traksi ban belakang hilang kembali.



Feint
Teknik ini dipinjam dari teknik menikung pada balap Rally. Dengan kecepatan sekitar 30-45 mph, ambil sisi dalam tikungan. Lalu sekitar 25 meter dari titik tengah tikungan, belok ke sisi luar tikungan. Sekarang banting setir ke arah dalam tikungan (mobil akan meluncur karena beratnya), drift dimulai dan lakukan countersteer.
Keunggulan teknik ini adalah kecepatan mobil pada saat menikung tidak berkurang banyak sehingga kecepatan pada saat keluar tikungan cukup tinggi. Namun jangan sekali-sekali menggunakan teknik ini pada mobil yang memiliki titik pusat berat yang tinggi (misal: SUV), karena kemungkinan besar mobil akan berguling daripada meluncur.



Kansei / Accel.Off Drift
Accel. Off Drift dilakukan dengan cara mengangkat pedal gas saat akan menikung dengan kecepatan tinggi. Drift terjadi karena saat pedal gas diangkat bobot mobil berpindah dari belakang ke depan. Saat anda merasa kecepatan berkurang dan traksi mulai meningkat, tambah akselerasi dengan pedal gas anda, countersteer, dan...



enjoy it!

1 comment: