Dalam grafika komputer, Gambar Bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel.
Berbeda dengan Gambar Vektor, gambar bitmap akan pecah ketika gambar diperbesar.
Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang berkaitan tentang burn tool
, dan dodge tool
pada Photoshop. Kedua tool tersebut berfungsi untuk menciptakan efek cahaya / bayangan pada permukaan gambar bitmap.
Kelinci percobaan saya kali ini adalah Nissan March.

* Fuel efficient HR12DE DOHC engine (21,8 Km/L)
* 4.5m turning radius, easy maneuver
* Aerodynamic roof design
* etc.
![]() |
Nissan March |
Bagian eksterior mobil standar pabrikan ini akan saya rombak. Jadi, langsung saja!
![]() |
sumber cahaya |
Pada gambar, sumber cahaya berasal dari sebelah kiri atas, sehingga pada bayangan tercipta di sebelah kanan bawah. Tidak hanya bayangan, anda juga harus memahami permukaan yang memantulkan cahaya. Pemahaman tentang arah sumber cahaya ini penting, karena jika ada penerapan arah cahaya yang berbeda, gambar akan terlihat aneh.
Tidak hanya bayangan, anda juga harus memahami permukaan yang memantulkan cahaya.
![]() |
bentuk dasar |
*Saran saya, gunakan pen tool

karena memudahkan dalam membentuk garis lengkung.
Mengapa abu-abu? karena tujuan kita adalah menciptakan pantulan cahaya (putih) dan bayangan (hitam). Sehingga 50% Gray adalah pilihan tepat.
![]() |
detailing |
![]() |
burn / dodge |
Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menerapkan burn/ dodge tool, diantaranya:
range adalah rentang daerah yang diakan diterapkan burn/ dodge.
- Shadows, akan menerapkan hanya pada daerah yang gelap saja.
- Highlights, akan menerapkan hanya pada daerah yang terang saja.
- Midtones, akan menerapkan pada seluruh daerah, gelap maupun terang.
exposure mirip dengan opacity dan flow pada brush biasa.
Ketika menggunakan dodge tool (mencerahkan sebuah daerah) atau burn tool (menggelapkan sebuah daerah) , mulailah dengan range:Midtones, brush yang lebar dan bersisi lembut, dan nilai Exposure kecil.
![]() |
efek sudut tajam |
- tentukanlah suatu titik history.
- terapkan burn/dodge seperti tahap diatas.
- bila perlu, buatlah sebuah seleksi (berupa garis lurus atau lengkung terserah anda)
- gunakan History Brush dengan pilihan brush ber-sisi keras untuk mengembalikannya ke warna semula (anda bisa mulai dengan opacity bernilai kecil untuk melihat perbedaannya).
Catatan :
Jam terbang sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan anda capai. Jadi jangan merasa malas untuk terus mencoba.
lakukan ini pada keseluruhan fender yang anda buat, maka kurang lebih hasilnya akan menjadi seperti ini:
Tunggu, 15 inch standar?
Hmm, Bagaimana kalau satu set velg racing 17 inch?
Sure, I want one of this.
mangstab gan..
ReplyDeletewow....abud makin berkembang nii...
ReplyDeletelanjutkaan !!!
kalo bisa buat yg dari corel langsung :D
komen sdikit dri ane bud..:
ReplyDeletekurang nyatu hasil edit ma gmbar aslinya.
itu aja..
:)
but, smpai sni dah ok...hehe
-ozdesign-
Wah, mantep banget gan!
ReplyDeleteAne kebetulan juga punya komunitas desain gan, cuma kebanyakan desain digital motor di www.otodesain.net, kalau boleh ane ijin tampilin tutorial ini di blog ane ya gan...sumber dan link pasti ane sebutin gan...